SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
1. SEJARAH
TEKNOLOGI INFORMASI
· 3000 SM
Untuk yang pertama kali, tulisan digunakan oleh bangsa
Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktografi sebagai
huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi (penyebutan)
yang berbeda sehingga mampu menjadi kata, kalimat, dan bahasa.
· 2900 SM
Pada 2900 SM, bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf hieroglif.
Hieroglif merupakan bahasa simbol, dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol
yang berbeda. Jika simbol-simbol tersebut digabungkan menjadi satu rangkaian,
maka akan menghasilkan sebuah arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa
hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
Hieroglif
· 500 SM
Pada 500 SM, manusia sudah mengenal cara membuat serat dari
pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil.Serat papyrus dapat digunakan
sebagai kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus menjadi media
untuk menulis atau media untuk menyampaikan informasi yang lebih kuat dan
fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya juga
digunakan sebagai media informasi.
· 105 SM
Pada masa ini, bangsa Cina berhasil menemukan kertas. Kertas
yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal
sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci,
kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem
pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan
dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.
Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)
· Tahun 1455
Pada 1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg
mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi
dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
· Tahun 1830
Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di
dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical yang
didesain sehingga mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk
keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital
yang pertama, walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat
digital.
· Tahun 1837
Telegraf dan Penemunya (Samuel Morse)
Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse
bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan
kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan
menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. Namun sinyal-sinyal yang dapat
dikirim dengan baik hanya berada dalam jarak 32 km. Untuk jarak yang lebih
jauh, sinyal-sinyal yang diterima menjadi terlalu lemah untuk direkam.
Kemudian, Morse membangun peralatan relai yang ditempatkan di setiap 32 km dari
stasiun sinyal. Relai tersebut berfungsi untuk mengulangi sinyal yang diterima
dan mengirimnya kembali ke 32 km berikutnya. Relai terdiri dari sakelar yang
dioperasikan secara elektromagnetik. Sistem telegraf kemudian segera digunakan
untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman pesan secara cepat untuk jarak yang
jauh, seperti surat kabar dan pesan untuk perjalanan kereta api.
· Tahun 1877
Pada 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan
mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1879,
sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem
pemanggilan nama. Hal ini untuk mencegah operator yang tidak mengenal semua
pelanggan. Sistem penomoran telepon menggunakan huruf dan angka, dimana nomor
telepon menggunakan sistem dua huruf dan lima digit angka.
Kartu Perforasi
· Tahun 1889
Pada 1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu
perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara
yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat.
Sensus yang dilakukan pada 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk
menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro Sensus tersebut
memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan
sensus.
Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data
sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu
dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil
sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan
dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data.
Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis.
· Tahun 1931
Pada 1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk
menyelesaikan persamaan differensial. Mesin tersebut dapat menyelesaikan
persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan
pelajar dan mahasiswa. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan
gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.
· Tahun 1939
Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford
Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama. Sejak saat ini,
komputer terus mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih.
Mengenai sejarah perkembangan komputer ini akan dijelaskan pada bagian
berikutnya.
· Tahun 1973 –
1990
Pada masa ini, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah
paper tentang TCP/IP. Secara harfiah, internet (interconnected networking)
diartikan sebagai rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa
rangkaian. Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada 1969 sebagai
ARPANETyang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced
Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh
ARPANET di antaranya adalah kaedah rangkaian tanpa pusat (decentralised
network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).
· Pada 1981,
National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan
kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.
· Pada 1
Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP.
Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal sekarang. Kemudian pada 1986,
IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi di
antara DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway. Pada 1990-an, internet telah
berkembang dan menyambungkan banyak pengguna jaringan-jaringan komputer yang
ada.
· Tahun 1991 –
Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika
CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya
operasionalnya. Pada 1992, mulai terbentuk komunitas internet dan
diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN. Pada 1993, NSF
membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut
direktori dan penyimpanan data sertadatabase (oleh AT&T), jasa registrasi
(oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet).
Pada 1994, pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah
ke dalam berbagai segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat
dipisahkan dari manusia. Pada 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi
provider dengan membeli jaringan di backbone. Langkah ini memulai pengembangan
teknologi informasi, khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk
mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
2. PERKEMBANGAN
KOMPUTER
Istilah komputer berasal dari bahasa latin “Computare”, yang
berarti alat hitung, karena awalnya computer lebih digunakan sebagai perangkat
bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat
multifungsi, berikut ini ada beberapa contoh penemuan komputer:
·
Abacus/sempoa adalah alat kuno untuk penghitungan yang terbuat dari
rangka kayu dengan seeretan poros yang berisi manic-manik yang bisa digeser.
· Mesin buatan
Charles Babbage yaitu mesin hitung mekanik yang dapat mengurangi kesalahan perhitungan.
· Mesin
analitik pada tahun 1900-1973 seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM,
berhasil memproduksi kalkulator elektronik, ia menggunakan sinyal
elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik.
Komputer juga dibagi dalam beberapa generasi berdasarkan
sejarah perkembangannya
· komputer
generasi pertama yang diciptaakan pada perang dunia II, Negara – Negara yang
terlibat berusaha mengebangkan computer untuk mengeksploitasi potensi strategis
yang dimiliki computer
· komputer
generasi kedua bahasa mesin yang digunakan adalah bahasa assembly, yaitu
kode-kode berupa singkatan yang menggantikan kode biner.
· Komputer
generasi ketiga
3. PERANGKAT
KOMPUTER
Perangkat
komputer secara garis besar terdiri dari 2 bagian paling utama, yaitu perangkat
lunak (software) dan perangkat keras (Hardware).
4. PEMANFAATAN
SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI
Manfaat IT dalam perkembangan kehidupan sehari hari memang
sangat banyak, terutama untuk pendidikan ,industry, internet dan berbagai
bisnis duia lainnya. Manfaat IT dalam membangun suatu individu , perusahaan,
bahkan sebuah Negara sangat berdampak besar.
Berikut ini adalah manfaat IT untuk kehidupan sehari-hari
· Menambah
ilmu pengetahuan
· Mempermudah mengerjakan tugas sehari hari
· Lebih
praktis
· Menambah
jaringan teman.
· Mendapatkan
informasi secara mudah.
Masih banyak lagi manfaat teknologi informasi dalam
kehidupan kita, baik itu dalam, Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan Bidang
E-Commerce, Bidang Wirausaha, dan masih banyak yang lainnya.
Secara umum , manfaat teknologi informasi antara lain :
· Memudahkan
kita dalam memperoleh informasi serta melakukan komunikasi
· Terbukanya
peluang bisnis yang baru,
· Adanya
peningkatan kualitas serta kuantitas pelayanan public,
· Adanya
peningkatan layanan informasi jarak jauh dalam bidang kesehatan (telemedicine),
· Terciptanya
e-learning sebagai salah satu sarana dalam memperbaiki system pendidikan,
· Terciptanya
lapangan pekerjaan,
· Memperkaya
ilmu dan pengetahuan dalam semua bidang termasuk dalam aspekkebudayaan,
· Terdorongnya
proses demokrasi dalam segala hal.
B. PERKEMBANGAN
KOMPONEN PERANGKAT KERAS
Perangkat Keras (Hardware) adalah semua bagian fisik
komputer, dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di
dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan
instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Perangkat keras umumnya terdiri dari :
Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan
kegunaanya:
1). Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam
suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file.
2). Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat
ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
3). Processor
Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe
processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti
dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang
dilakukan komputer, yang direquest pengguna.
4). Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen
elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat
dengan kata mobo.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah
motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai
dengan spesifikasi PC IBM.
5). RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang
berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita
bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan
membaca data.
6). CMOS
CMOS adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide
Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk
IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap
menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya masih bagus.
7). Konektor Casing
Konektor Casing berfungsi untuk menyambungkan tombol/saklar
dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis
Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar
prosesor bisa bekerja.
8). Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device,
karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar
yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data
ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti
layaknya sebuah televisi.
9). Power Supply
Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan
listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
10). Harddisk
Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang
menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk diciptakan
pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama
tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan
rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan
4,4 MB. Harddisk saat ini sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas
750 GB.
Perangkat Keras (Hardware) adalah semua bagian fisik
komputer, dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di
dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan
instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Perangkat keras umumnya terdiri dari :
Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan
kegunaanya:
1). Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam
suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file.
2). Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat
ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
3). Processor
Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe
processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti
dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang
dilakukan komputer, yang direquest pengguna.
4). Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen
elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat
dengan kata mobo.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah
motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai
dengan spesifikasi PC IBM.
5). RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang
berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita
bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan
membaca data.
6). CMOS
CMOS adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide
Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk
IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap
menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya masih bagus.
7). Konektor Casing
Konektor Casing berfungsi untuk menyambungkan tombol/saklar
dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis
Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar
prosesor bisa bekerja.
8). Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device,
karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar
yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data
ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti
layaknya sebuah televisi.
9). Power Supply
Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan
listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
10). Harddisk
Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang
menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk diciptakan
pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama
tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan
rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan
4,4 MB. Harddisk saat ini sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas
750 GB.
11). Kipas (Pendingin)
Kipas atau Pendinginan komputer dan yang sering juga disebut
pendinginan CPU adalah alat yang dipasang pada bagian dalam komputer untuk
mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi
menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar komputer terdiri dari input, process, output
dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device
adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control
section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external
memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage
internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device
merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada
sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture
Card.
( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari
luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan
informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya
digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse
adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
( Proses Device )
Unit ini berfungsi untuk mengolah data yang sudah di
masukkan melalui perangkat masukan. Suara dimasukkan melalui microphone, di
proses pada sound card dan dikeluarkan melalui speaker. begitu juga perangkat
lain salaing berhubungan satu sama lainnya.
( Control Device )
Unit kendali (bahasa Inggris: Control Unit - CU) adalah
salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/
kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit)
di dalam CPU tersebut.
( Penyimpanan )
"computer data storage" sering disebut sebagai
memori komputer, merujuk kepada komponen komputer, perangkat komputer, dan
media perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa
interval waktu. Penyimpanan data komputer menyediakan salah satu tiga fungsi
inti dari komputer modern, yakni mempertahankan informasi, Dalam penggunaan kontemporer, memori komputer
merujuk kepada bentuk media penyimpanan berbahan semikonduktor, yang dikenal
dengan sebutan Random Access Memory (RAM), dan kadang-kadang dalam bentuk
lainnya yang lebih cepat tapi hanya dapat menyimpan data secara sementara. Akan
tetapi, istilah "computer storage" sekarang secara umum merujuk
kepada media penyimpanan massal, yang bisa berupa cakram optis, beberapa bentuk
media penyimpanan magnetis (seperti halnya hard disk) dan tipe-tipe media
penyimpanan lainnya yang lebih lambat ketimbang RAM, tapi memiliki sifat lebih
permanen, seperti flash memory
( Output Device )
Unit keluaran adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan
yang dilakukan oleh CPU. Dalam teori kontrol, output dari suatu sistem adalah
apa yang dapat diukur. Specifically, outputs are differentiated from states .
Spesifik, output dibedakan dari negara.
C. PERKEMBANGAN
KOMPONEN PERANGKAT LUNAK
Komponen perangkat lunak (software) merupakan program-program
yang nantinya akan terinstal pada komputer sehingga membuat perangkat komputer
bisa hidup dan dipakai bekerja
Komponen-komponen software yang dibutuhkan oleh komputer
adalah :
5. BAHASA
PEMOGRAMAN KOMPUTER
Computer language merupakan bahasa yang digunakan untuk
membuat program komputer. Disebut bahasa karena computer language memiliki kosa
kata dan tata bahasa yang harus ditaati oleh pemakainya.
Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
a. Low Level
Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat
dimengerti oleh pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahasa mesin dan
assembly language.
b. High Level
Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang
mudah dimengerti. Contoh dari program ini adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dan
sebagainya.
6. SISTEM
OPERASI
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna
dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux,
Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur
eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori,
serta instalasi software..
7. UTILITY
Program bantu (utility) merupakan program yang digunakan
untuk mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi
yang terhapus. PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari program ini.
Salah satu kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di
sistem jaringan. Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan
yang dapat mengubah sistem DOS tersebut (single user atau stand alone system)
menjadi sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak pemakai (multiuser).
Netware, Token Ring dan Lantastic merupakan contoh-contoh program ini.
8. PERANGKAT
LUNAK APLIKASI
Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan
kegiatan sehari-hari manusia yang spesifik, misalnya untuk membuat dokumen,
manipulasi foto, atau membuat laporan keuangan.
Terdapat 3 bagian dalam perangkat lunak aplikasi, yaitu :
· Aplikasi
Office
Program khusus untuk melakukan pekerjaan tertentu. Program
aplikasi dibuat sesuai kebutuhan, misalnya ; GL dan MYOB yang digunakan untuk
perhitungan dan pelaporan akutansi serta PAYROLL yang digunakan untuk penerapan
keuangan.
· Aplikasi
Multimedia
Merupakan perangkat lunk yang dapat digunakan untuk mengolah
beberapa media maupun informasi seperti teks, image/gambar, audio grafik,
video, dll. Dilihat dari perangkat lunak multimedia terdpat banyak sekali jenis
dari aplikasi multimedia. Contoh aplikasinya yaitu, Winamp, Real player,
XingPlayer, Windows Media Player, dll.
· Aplikasi
Internet
Adalah istilah untuk menyebut sebuah jaringan ,bukannya
suatu aplikasi tertentu. Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa
tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Beberapa contoh aplikasi internet yaitu,
Internet Explorer, Yahoo Mesenger, mailing list, Internet relay Chat,
Newsgroup, dll.
TERIMAKASIH TELAH MEMBACA, SEMOGA BERMANFAAT :)
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_komput
http://perangkatkerasdanlunakpadakomputer.blogspot.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar