Name : Shinta Nur Alvianty
NPM : 16112986
Class : 3KA31
Writing again on this Blog :)
Well, sekarang saya ingin memberi pengetahuan lebih lagi buat kalian. Sekaligus belajar juga. Dalam tulisan kali ini sekaligus untuk melengkapi tugas mata kuliah Grafik Komputer & Pengolahan Citra.
Program kali ini yang akan saya terangkan adalah Program membuat Garis Vertikal, Horizontal, dan Diagonal dengan menggunakan OpenGL (Open Grafik Library). Untuk lebih detailnya stentang OpenGL kalian bisa searching di Om Google How to used it :) .Tapi jangan sedih saya akan menjelaskan sedikit tentang OpenGL.
OpenGL adalah suatu
perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan – keperluan
pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi
language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa
bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library
dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk
OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu Glut.h, Glut32.lib, Glut32.dll.
Dan cara untuk membuat program dalam OpenGL pertama, kita harus membuat project terlebih dahulu, Dengan langkah-langkah dibawah ini :
- Klik menu File
- Pilih New
- Project
- Pada bagian ini pilih tag
Multimedia
- klik OpenGL dan beri nama
Project.
- Klik Finish
Setelah itu membuat
project, selanjutnya kita membuat program sederhana sebagai tugas mata kuliah
ini yaitu membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal.
1. Membuat garis Vertikal
Membuat garis
vertikal kita bisa tuliskan seperti cooding di bawah ini :
glClearColor (0.0f,
0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glVertex3f(0,0,0.0);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
Dan untuk menjalankan
program tersebut kita harus menekan tombol F9 , dan file yang akan di compile
akan meminta untuk di save. Setelah berhasil dijalankan program akan
menampilkan hasil output seperti dibawah ini :

2. Membuat garis
Horizontal
Sedangkan untuk membuat garis horizontal
kita dapat menuliskan cooding sebagai berikut :
glClearColor (0.0f,
0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix();
glClearColor(1,1,1,0);
glBegin(GL_LINES);
glColor3f(0.0f, 0.0f,
1.0f);
glVertex3f(-0.6f,
0.0f, 0.0f);
glColor3f(0.0f, 0.0f,
1.0f);
glVertex3f(0.6f, 0.0f,
0.0f);
glEnd();
glPopMatrix();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
Penjelasan untuk statement diatas hampir sama dengan statement pada program sebelumnya. Hanya
saja ada sedikit perbedaan pada program ini yang digunakan untuk membuat garis
kesamping(horizontal). Untuk menjalankan program tersebut anda harus menekan
tombol F9 , dan file yang akan di compile akan meminta untuk di save. Setelah
berhasil dijalankan program akan menampilkan hasil output seperti dibawah ini :

3. Membuat garis Diagonal
Membuat garis
diagonal dapat di tuliskan cooding seperti gambar di bawah ini :
glClearColor (0.0f,
0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.8);
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
Agar dapat menjalankan
program tersebut anda harus menekan tombol F9 , dan file yang akan di compile
akan meminta untuk di save. Setelah berhasil dijalankan program akan
menampilkan hasil output seperti dibawah ini :

Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan Logika saya untuk penjelasan dari program diatas :
- glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
statement ini digunakan untuk memilih warna yang digunakan
untuk membersihkan latar dalam mode RGBA.
- glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
statement ini digunakan untuk membersihkan layar latar
belakang dengan warna hitam.
- glPushMatrix ();
statement ini digunakan Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar.
- glClearColor(1,1,1,0);
statement ini digunakan untuk membersihkan warna
garis/titik.
- glColor3f(1,1,1);
statement ini digunakan untuk menentukan warna garis/titik.
- glBegin(GL_LINES);
statement ini digunakan untuk menggambar garis dari titik yang
digunakan.
- glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
statement ini digunakan untuk menentukan titik awal yang
digunakan.
- glVertex3f(0,0,0.0);
statement ini digunakan untuk menentukan titik akhir yang
digunakan.
- glEnd ();
statement ini digunakan untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir.
- glPopMatrix ();
statement ini digunakan Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar.
- SwapBuffers (hDC);
Statement ini digunakan digunakan untuk menukar bagian
belakang buffer menjadi buffer layar.
- Sleep (1);
Untuk mengakhiri program.
Okeyyy, cukup sekian yah... maaf kalo masih ada yang kurang , kita sama-sama belajar yahh :)
Semoga bermanfaat!!
Okeyyy, cukup sekian yah... maaf kalo masih ada yang kurang , kita sama-sama belajar yahh :)
Semoga bermanfaat!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar