Kamis, 30 Oktober 2014

Grafik Komputer & Pengolahan Citra

Hallooo Guys.. !

Name  : Shinta Nur Alvianty
NPM   : 16112986
Class : 3KA31

Writing again on this Blog :)


Well, sekarang saya ingin memberi pengetahuan lebih lagi buat kalian. Sekaligus belajar juga. Dalam tulisan kali ini sekaligus untuk melengkapi tugas mata kuliah Grafik Komputer & Pengolahan Citra



Program kali ini yang akan saya terangkan adalah Program membuat Garis Vertikal, Horizontal, dan Diagonal dengan menggunakan OpenGL (Open Grafik Library). Untuk lebih detailnya stentang OpenGL kalian bisa searching di Om Google How to used it :) .Tapi jangan sedih saya akan menjelaskan sedikit tentang OpenGL.


OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan – keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu Glut.h, Glut32.lib, Glut32.dll.



Dan cara untuk membuat program dalam OpenGL pertama, kita harus membuat project terlebih dahulu, Dengan langkah-langkah dibawah ini :
  • Klik menu File
  •  Pilih New
  •  Project
  • Pada bagian ini pilih tag Multimedia
  • klik OpenGL dan beri nama Project.
  • Klik Finish

Setelah itu membuat project, selanjutnya kita membuat program sederhana sebagai tugas mata kuliah ini yaitu  membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal.

  
            1.   Membuat garis Vertikal
                    
Membuat garis vertikal kita bisa tuliskan seperti cooding di bawah ini :

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glVertex3f(0,0,0.0);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);

Dan untuk menjalankan program tersebut kita harus menekan tombol F9 , dan file yang akan di compile akan meminta untuk di save. Setelah berhasil dijalankan program akan menampilkan hasil output seperti dibawah ini :

                                                 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjFaO55Ahw_wZ8GT_cBeqKqp-qf4bLSwrZXn6lBVZsoZChPBHF0mwZdcspqmVPYJbvFwPgwFbjI8j2iAA7RQp2okfbpFMqfMfcIkxobhwfgSqCwk_rxbZ_2GTV55gGILQu6yASAlOB-7WMz/s1600/VertikalHasil.jpg


            2. Membuat garis Horizontal

Sedangkan untuk membuat garis horizontal kita dapat menuliskan cooding sebagai berikut :

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix();
glClearColor(1,1,1,0);
glBegin(GL_LINES);
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
glEnd();
glPopMatrix();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);

Penjelasan untuk statement diatas hampir sama dengan statement pada program sebelumnya. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada program ini yang digunakan untuk membuat garis kesamping(horizontal). Untuk menjalankan program tersebut anda harus menekan tombol F9 , dan file yang akan di compile akan meminta untuk di save. Setelah berhasil dijalankan program akan menampilkan hasil output seperti dibawah ini :

                                               https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgavL10Mw3Lb_jcMuUtY1bOdZGUvYU6n8qNuegB0ZwmnDg_WYZaVTTDs62wShKrzb_i9Cz1BXcdzZYvgTI-TnkSWL1SLD73FpparZwbRZoI3bFaAA22fqBErp2cGaEs2dMjU0-ub7Rw2mJt/s1600/Horizaontalhasil.jpg



            3.  Membuat garis Diagonal

Membuat garis diagonal dapat di tuliskan cooding seperti gambar di bawah ini  :

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.8);
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);

Agar dapat menjalankan program tersebut anda harus menekan tombol F9 , dan file yang akan di compile akan meminta untuk di save. Setelah berhasil dijalankan program akan menampilkan hasil output seperti dibawah ini  :
                                                https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGEz39-7ltoLQADRqD4cFA_H6dPxjmt1qbSWML1CxBaBtlZEVRkp-9gqc76Y-Ku4tRQ4EqdKzvfIHKtr6btVAHRVxDj28zLcDVSCTfmYZ47rrK2hJDpOHdoyC7N-BNnHWYmzMJCMrphgQP/s1600/DiagonalHasil.jpg


Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan Logika saya untuk penjelasan dari program diatas :

  •      glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);


statement ini digunakan untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA.

  •     glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

statement ini digunakan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.

  •      glPushMatrix ();

statement ini digunakan Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

  •         glClearColor(1,1,1,0);

statement ini digunakan untuk membersihkan warna garis/titik.
         
  • glColor3f(1,1,1);

statement ini digunakan untuk menentukan warna garis/titik.

  •  glBegin(GL_LINES);

statement ini digunakan untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.

  •  glVertex3f(0.10,10.0,13.13);

statement ini digunakan untuk menentukan titik awal yang digunakan.  

  •    glVertex3f(0,0,0.0);

statement ini digunakan untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
      

  • glEnd ();

statement ini digunakan untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.

  • glPopMatrix ();

statement ini digunakan Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.


  • SwapBuffers (hDC);

Statement ini digunakan digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.

  • Sleep (1);
Untuk mengakhiri program.



Okeyyy, cukup sekian yah... maaf kalo masih ada yang kurang , kita sama-sama belajar yahh :)
Semoga bermanfaat!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar